Rabu, 02 Januari 2013

Pecinta Hamster

Hewan peliharaan rumah, hamster sebagai hewan pengerat banyak disukai masyarakat Indonesia tak terkecuali di kota Palembang. Hewan berbentuk mini, berbulu dan berbadan gemuk ini mudah dipelihara karena tidak membutuhkan kandang yang besar. Tak heran jika hamster banyak dipelihara mulai dari para karyawan, mahasiswa dan para siswa sekolah menengah umum. Di Palembang sendiri saat ini sudah ada komunitas pencinta hamster. Berawal dari hobi memelihara hamster inilah yang menjadikan komunitas pecinta hamster hadir di kota mpek-mpek. Biasanya komunitas pecinta hamster kumpul di Taman Kota Kambang Iwak Palembang setiap hari minggu.

video

Yang menarik dari hamster adalah bulunya, kejinakan, kebersihan dan kesehatannya. Jenis hamster yang banyak diminati adalah hamster syrian, hamster campbell, hamster roborovski, dan hamster winterwhite.
Berikut ini karakter masing-masing hamster berdasarkan jenisnya.

Sebutan Inggris lain: Golden Hamster, Teddy Bear Hamster
Latin: Cricetinae Mesocricetus auratus
Panjang tubuh: 16-18 cm
Batas umur rata-rata: 2-3 tahun
Karakter: Soliter


Inggris: Campbell Hamster
Sebutan Inggris lain: Dwarf Campbell's Russian Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus Sungorus campbellii
Panjang tubuh: 8-11 cm
Batas umur rata-rata: 2-2.5 tahun
Karakter: Berkoloni


Inggris: Roborovski Hamster
Sebutan Inggris lain: Desert Hamster Latin: Cricetinae Phodopus roborovskii
Panjang tubuh: 4-5.5 cm
Batas umur rata-rata: 2.5-4 tahun
Karakter: Berkoloni


Inggris: Winter White Hamster
Sebutan Inggris lain: Dwarf Winter White Russian Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus Sungorus sungorus
Panjang Tubuh: 9-12 cm
Batas umur rata-rata: 2-2.5 tahun
Karakter: Berkoloni


Selain menjadi keasyikan tersendiri, merawat hamster juga dapat menambah kocek sang empunya hamster. Mudahnya merawat hamster dan pakannya yang mudah didapat membuat para pecinta hamster semakin menggemari hamster yang dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan. Jika dapat merawatnya dengan baik dan sehat, tak jarang hamster bisa dijual belikan kepada sesama pecinta hamster. Hasil pernikahan sesama hamster dapat melahirkan hamster baru yang bisa dijual kembali. Selain untuk melestarikan keberadaan hamster, komunitas hamster juga menjadi ajang silahturahmi sesama pecinta hamster.

Referensi:
Video: Liputan Tim, Pipit Febri dan Sukma Aldino Oktober 2011

4 komentar:

  1. So cute pit hamsternya ^^
    aku gk punya hamster tapi suka merhatiin hamster yang dijual dijalan itu dan pasti lagi mainan, kalo gak dikasi mainan atau gak ada teman bermain kira-kira hamsternya stress gk ya pit..?hee^^

    BalasHapus
  2. dikasih biji padi aja mba terus sering-sering dielus2 kayak kucing...heheee..thanks Ukhti wiwin..miss u..and see u..:)

    BalasHapus
  3. Sis mau nnya hamster klo ga mau makan sayur knp ya ? Trs jga hamsterku smpet jatoh tp ga dr ketinggian, apa itu gpp ?

    BalasHapus
  4. kak mau nanya dong, aku kan baru beli 3 hamster campbell , tapi aku gak tau yang mana betina sama jantan, soalnya yg 2 itu kyk kembar , Trus yg kyk kembar itu berantem terus, yg satu nyerang yg satu .
    Sekarang aku pisahin yg nyerang sendiri , yg diserang sama hamster yg 1 nya lagi . Kira" boleh gak ya aku gabungin lagi semuanya nnti? .. aku bingung , soalnya hamster syirian ku yg sepasang gak pernah bertengkar, bru kali ini pelihara campbell , please respon kak

    BalasHapus