Kamis, 25 Oktober 2012

Idul Adha di Amerika

http://photo.sindonews.com/view/1014/shalat-ied-di-palembang#4

Idul Adha setiap tahunnya dirayakan seluruh umat muslim di seluruh dunia. Ditandai dengan pelaksanaan shalat sunah dua rakaat kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Daging kurban tersebut kemudian akan dibagikan kepada warga sekitar terutama kepada orang tidak mampu. Idul Adha merupakan refleksi keteladanan totalitas ibadah, ketaqwaan, keikhlasan dan kepasrahan sebagaimana yang ditunjukan Nabi Ibrahim ketika menerima perintah Allah SWT melalui Malaikat Jibril. "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, Maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)", (Q.S. Al-Hajj ayat 34). 

Terkait berita liputan VOA Pop News‬ - Cara Berkurban di Amerika - VOA untuk friends terbitan 23 October 2012, menggambarkan perayaan Idul Adha di setiap negara tidak jauh berbeda dengan perayaan Hari Raya Kurban di tanah air, Indonesia yang notabene penduduk muslim terbanyak di Asia. Di Indonesia sendiri, hari saya Idul Adha 1433 Hijriyah jatuh pada hari Jumat 26 Oktober 2012. Tak hanya di Indonesia saja, namun di berbagai belahan dunia lain pun Idul Adha dirayakan suka cita oleh umat muslim. Umat muslim yang tinggal di Amerika juga tidak mau melewatkan Hari Raya Kurban begitu saja tanpa menyembelih hewan kambing. Meskipun umat muslim di Amerika menjadi kaum minoritas, namun yang membuat saya terkesan di sana terdapat tempat pemeliharaan hewan ternak kambing sekaligus pemotongan hewan kurban yang modern, dan yang terpenting pemotongan kurban secara islami.

video

Reporter VOA Ronan Adzannur yang mengajak pemirsa Friends untuk melihat seperti apa sih cara berkurban di Amerika. Ronan mendatangi sebuah slaughter house Marrakech di negara bagian Virginia, pilih sendiri kambingnya, lalu menyerahkan kepada pihak farm untuk menyembelihnya.

Saya baru tahu kalau perayaan Idul Adha yang dilangsungkan di Amerika, penduduk setempat mendapat jatah libur 1-3 hari selama peringatan hari raya qurban. Sama seperti di Indonesia, umat muslim akan beribadah di masjid – masjid pada pagi hari.  Setelah itu mereka akan berkumpul bersama teman dan sanak saudaranya untuk menikmati kebersamaan dan saling berbagi. Di Indonesia sendiri, perayaan Idul Adha di mulai dengan berpuasa 3 hari sebelum tanggal 10 Dzulhijjah 1433 Hijriyah. Puasa 3 hari menjelang Idul Adha dimaksudkan oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai puasa sunnah untuk membantu para jemaah Haji yang sedang wukuf di Padang Arafah, Mekkah sebagai syarat sahnya ibadah haji.

Berbicara mengenai prosesi penyembelihan hewan kurban, masyarakat di Indonesia melakukan penyembelihan hewan kurban setelah melakukan sholat Idul Adha. Biasanya di lakukan di halaman Masjid atau pekarangan rumah warga. Namun, jika di Amerika ada peraturan yang melarang penyembelihan hewan kurban di halaman masjid atau halaman rumah. Hmm, boleh... juga...Saya baru tahu kalau penyembelihan hewan kurban di Amerika, dilakukan langsung setelah proses jual beli hewan kurban saling sepakat. Ternyata prosesi penyembelihan hewan kurban, tak banyak dilakukan oleh umat muslim di Amerika. Seperti Laporan VOA Ronan Adzannur, yang memotong hewan kurban adalah petugas peternak dengan menggunakan peralatan gergaji mesin pemotongan bukan menggunakan golok, seperti di Indonesia, hehee. Jadi, beli kambing langsung potong, tidak harus tunggu hari Idul Adha. Kalau di pikir-pikir, perayaan Hari Raya Qurban tanpa menyaksikan langsung prosesi pemotongan hewan kurban secara beramai-ramai kurang seru. Jika di Indonesia, prosesi pemotongan hewan kurban dilakukan oleh petugas masjid mulai dari pembersihan, pengulitan hingga pemotongan, dan disaksikan oleh si empunya kurban atau si keluarga yang berkurban, dan pastinya masyarakat sekitar dunk. Seru kan...Yah, berbeda cara tapi satu tujuan, is'ok. @__@. Yang penting sama-sama kurban kambing dan sapi, bukan manusia, hee,,hee. peace

Sumber:
http://www.voaindonesia.com/media/all/latest.html?z=419 
Al- Quran Surat Al-Hajj ayat 3
http://www.centroone.com/index.php/lifestyle/2012/10/3a/meriahnya-idul-adha-di-berbagai-negara/
http://photo.sindonews.com/view/1014/shalat-ied-di-palembang#4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar