Jumat, 30 November 2012

Latih Motorik Bayi Dengan Berenang

Berenang bersama dengan buah hati adalah kegiatan yang menyenangkan. Tak hanya menyehatkan, tetapi juga memperkuat kedekatan si ibu dan bayi. Teknik berenang bagi bayi yang merupakan makhluk mungil tentu berbeda dengan teknik dengan orang dewasa. Pentingnya belajar berenang bagi bayi adalah perasaan gembira bayi ketika beraktifitas di luar ruangan dengan bermain air. Bayi mana sih yang ga suka dengan bermain air? Hanya bayi yang kurang sehat tidak diperbolehkan bermain air. Bayi umumnya suka sekali dengan permainan air. Banyak manfaat positif bagi kesehatan jika bayi belajar berenang diusia yang di sarankan. Baik manfaat kesehatan fisik atau mental. "Melatih renang di usia dini dianggap lebih mudah bagi anak karena pada saat itu otaknya bagaikan spons yang akan menyerap semua informasi yang diterimanya. Pandangan lain menyebutkan saat terbaik adalah ketika bayi berusia 6-12 bulan."
 
video

Aktifitas berenang pada bayi melatih pernafasan bayi sehingga memberi kekuatan yang lebih baik bagi jantung bayi dan syaraf motorik bayi agar bergerak lebih baik dan cepat. Secara mental, bayi akan belajar bersosialisai, mengatasi rasa takut, dan belajar memahami lingkungan di sekitarnya. "Menurut Rita Goldbergs, mantan perenang nasional Inggris dan seorang pelatih, kunci untuk melatih anak berenang adalah dilakukan dengan lembut, menyenangkan dan tanpa trauma." Yang terpenting ketika mengajak bayi berenang adalah jangan menimbulkan trauma ataupun dipaksa. Biarkan bayi bersenang-senang menikmati suasana kolam renang sebagai arena bermain yang luas dan menyenangkan, Bunda. Karena pengalaman menyenangkan ketika bayi pertama kali bermain di kolam renang akan memberikan efek positif bagi mentalnya sehingga tidak takut dengan air.


Keberanian anak di kolam renang bisa dilakukan secara bertahap karena ada anak yang takut begitu badannya terkena air. Bunda bisa  mengajaknya berenang sambil bernyanyi dan mengayuhkan kaki si kecil dengan perlahan-lahan. Alat bantuan untuk berenang seperti ban khusus untuk bayi bisa Bunda gunakan agar bayi bisa bergerak leluasa dan mengambang dengan posisi tengkurep. Agar anak merasa aman, pastikan Anda selalu berada di dekatnya.


Almer belajar berenang pada usia 6 bulan-Foto koleksi pribadi

Nah...selain membuat si kecil senang, berenang ternyata dapat melatih gerak motorik anak agar lebih baik dan cepat tanggap. Untuk memulainya, Bunda harus pastikan terlebih dahulu suhu kolam cocok dengan suhu tubuh si kecil yang sehat dan bugar. Kebersihan kolam renang, dan psikologi bayi dimana waktu yang tepat bayi belajar berenang saat bayi tidak terlalu kenyang dan lelah. Dan yang terpenting berikan suasana gembira pada bayi saat dikenalkan dengan kolam renang. Ayo Bunda...ajak si kecil bermain dengan air dan olah tubuhnya saat usia emas 6 hingga 12 bulan. @__@

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2011/08/02/14160234/Usia.Berapa.Bayi.Boleh.Berenang.
http://www.youtube.com/watch?v=L7NFwU-pTzw&feature=share 
http://kidsswim.blogspot.com/ 


    1 komentar:

    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      BalasHapus