Senin, 12 November 2012

Facebook, Gambaran Dunia Nyata Atau Sebaliknya?

Terkait Liputan VOA tentang Kesehatan dan Kesejahteraan (Bagian 2) - Dunia Kita yang tayang tanggal 14 Juni 2012, dimana facebook menjadi tren baru dibidang jejaring sosial di samping jejaring sosial lainnya. Banyak orang kecanduan akan penggunaan facebook di seluruh negara. Di balik kesenangan penggunaan facebook, ternyata facebook juga dapat membuat strees penggunanya. Dewasa terakhir, mulai dari lingkungan sekitar kita, hampir setiap orang menyinggung tentang facebook, baik itu tentang komentar maupun isi status seseorang. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak tidak lengkap rasanya kalau belum mempunyai jejaring sosial facebook. Setiap orang setiap harinya kecanduan jika belum membuka facebook. Di berbagai media, baik televisi maupun koran, kita lihat banyak para produsen telepon selular atau perangkat komunikasi lainnya mencantumkan fitur facebook pada perangkatnya.


video

Saat ini hampir seluruh umat manusia menggunakan jejaring sosial facebook untuk berbagi informasi positif maupun negatif dari seluruh dunia. Bagaikan kedua sisi pisau yang dapat berguna di kedua sisi, positif atau negatif. Sekedar berbagi informasi dan pengalaman pribadi berikut saya tampilkan lebih detailnya.
Dampak Positif Facebook :

  • Memperluas pergaulan. Dapat mengenal dan berteman dengan banyak orang. Kita dapat mencari teman lama baik dari dalam kota ataupun luar kota.

  • Media hiburan atau entertainment untuk kehidupan sehari-hari. Lihat-lihat produk-produk bermerk, tanpa harus jalan-jalan ke mall atau membelinya..he..he..he. Asal tidak kebablasan.

  • Membuat komunitas positif. Misalnya membuat komunitas yang berisi tentang "Stop Smoking"

  • Media komunikasi sekaligus sarana promosi. Facebook menyediakan fitur mail, chat dan publishing. Kita dapat berkomunikasi dengan teman yang online ataupun offline. Kita juga bisa mempublish berita ataupun situs blog kita, sekalian promosi gan, mohon buka pipitfebri@blogspot.com..@__@  Bisa saling sharing informasi penting, misal tentang kesehatan.


Dampak Negatif Facebook :

  • Berkurangnya kinerja pekerja dan pelajar. Pelajar yang seharusnya giat mengerjakan tugas sekolah, malah asik bermain facebook. Pekerja yang di kantor di beri fasilitas komputer dan internet malah digunakan untuk chatting dan facebookan.

  • Lupa waktu. Hal ini bisa terjadi pada anak-anak ataupun orang dewasa. Asik maen facebook jadi lupa sholat, lupa makan dan kurang tidur.

  • Untuk yang sudah berumah tangga berkurangnya perhatian pada keluarganya. Apalagi sebagai kepala keluarga yang asik maen facebook nyampe lupa punya bayi belum ganti popok, belum dikasih makan, dll. 

  • Pornografi. Sebagai situs pejaring sosial lainnya, banyak orang kurang kerjaan atau kesenangan pribadi upload foto yang tidak wajar.

  • Ejek-ejekan atau saling menyindir. Kalo lagi kesel, pasti kan pengen mengungkapkan rasa kesel kepada seseorang berupa sindiran kepada orang yang lagi dibenci.

  • Penipuan. Kadang” facebook di manfaatkan seseorang untuk penipuan. Misalkan orang itu membuat acount facebook dengan data ngasal. Pura pura menjual $ dengan cara mentranfer uang ke rekening tersangka, duit masuk, kabur deh tuh orang. Bisa juga account facebook yang didepan mengaku wanita, ternyata penggunanya pria, yang ingin mengetahui kehidupan pribadi si empunya facebook.

Tak jarang seorang pengguna facebook seperti hidup di dunia lain, apa yang ia tampilkan ke facebook terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Namun, tak jarang banyak orang yang menikmatinya. Baik jika hal ini digunakan sebagai pembelajaran untuk berbicara sopan santun antar warga facebook. Untuk itu, kita sebagai orang yang berakhlak, baik orang tua, tante, kakak, ingatkan untuk anak-anak, adik dan saudara kita agar tidak melebihi batas norma sosial dalam menggunakan jejaring facebook. Sekarang tergantung anda, bagaimana menganalogikannya, apakah anda pengguna facebook sebagai layaknya di dunia sungguhan, atau hanya hidup di dunia maya saja. Yoi...ga...sip..@__@

Sumber:
http://www.voaindonesia.com/media/video/940613.htmlhttp://www.voaindonesia.com/media/video/940613.html

  • <iframe src="http://news.viva.co.id/iframe/kabarterbaru" frameborder="0" scrolling="no" height="475px" width="300px"></iframe>
  • <iframe scrolling="no" width="300" height="500" frameborder="0" src="http://www.gonla.com/widget/?pcode=1&key=87527953ed906233a8cda4490d63edb5&vlogid=pipitfebri"></iframe>

2 komentar:

  1. Harus pintar-pinta memilah mana yang bagus untuk di contoh dan mana yang tidak baik untuk di tiru...

    BalasHapus
  2. Bule' nopeq...that's good. that's alright.tq

    BalasHapus