Jumat, 23 November 2012

Nilai Sejarah Jakabaring Sport City

http://www.tribunnews.com/2011/11/11/foto-warna-warni-11-ribu-kembang-api-di-langit-palembang
Pelaksanaan SEA Games ke-26 pada November 2011, telah membuat semua mata nasional dan Asia, tertuju ke kota Palembang khususnya kawasan Jakabaring. Salah satu event olahraga terbesar antar negara-negara Asia Tenggara selain Jakarta. Beberapa bulan sebelum pelaksanaan SEA Games, beberapa tempat yang akan digunakan masih dalam proses finishing. Di tengah kasus korupsi rumah atlet yang terus di sorot media hingga menjadi isu nasional yang hingga kini belum juga selesai. Di berbagai media nasional meragukan kesiapan Palembang sebagai tuan rumah. Untungnya, kerja keras pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membuahkan hasil. Meskipun banyak hal yang kurang sempurna namun pelaksanaan SEA Games pada November 2011 lalu telah meninggalkan banyak kesan di hati para atlet, dan pejabat publik yang menyaksikannya.
http://duaribuan.wordpress.com/2011/12/04/pertahankan-juara-umum-sea-games
Hal menarik ketika saya meliput di kawasan pusat olahraga Jakabaring pasca pelaksanaan Sea Games adalah gedung dan bangunan yang masih apik terawat.  Hingga kini kawasan olahraga berkelas dunia tersebut hampir sepenuhnya begitu terawat. Niat pemerintah daerah untuk membuat kawasan Jakabaring Sport City sebagai tempat pembinaan para atlet begitu terlihat. Terbukti, Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni IX Politeknik Indonesia di Jakabaring Sport City Palembang, 14-21 Oktober 2012.  Tidak hanya itu, Palembang terpilih sebagai tuan rumah Kejuaraan "The South Sumatera Governor Cup, Aerobic Gymnastics 2012 3rd Asian Championships, Asian Age Group 1 Competition"di Gedung Ranau Jakabaring. Masyarakat Indonesia tentu berharap bahwa berbagai olahraga dan atlet pembinaan kejuaraan di gelar di Jakabaring dapat meningkatkan kemampuan Indonesia memiliki atlet yang kompetitif dengan atlet dari negara lain.

Sekarang, Jakabaring Sport City menjadi ikon pariwisata baru di kota Palembang. Ada begitu banyak orang yang datang dan berkunjung ke sana, terutama pada akhir pekan. Mereka rata-rata datang sekedar hanya ingin mengambil foto dari satu tempat ke tempat lainnya. Hampir tidak ada yang bisa mereka lihat  kecuali venue SEA Games dan danau. Nilai sejarah perhelatan Sea Games sebagai acara olahraga akbar negara-negara Asia Tenggara dengan pembukaan spektakuler dan penutupan dan juga yang berhasil merebut kembali gelar prestasi juara umum yang lama sejak 1985, menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia untuk mengabadikan keberadaan mereka di tempat ini.Mengingat di Palembang sendiri saat ini dapat dikatakan masih minim fasilitas rekreasi. Ini adalah saatnya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dan semua staf berpikir untuk membuat area Jakabaring Sport City sebagai daerah wisata olahraga, di mana pengunjung dapat berolahraga di sekaligus menikmati suasana komplek olahraga bertaraf internasional tersebut.

Opening Ceremony yang luar biasa disuguhkan sekaligus menjadikan salah satu upacara pembukaan paling spektakuler sepanjang penyelenggaraan SEA Games, bahkan diperhitungkan selevel dengan pembukaan Asian Games bahkan Olimpiade. Kesuksesan menyelenggarakan upacara pembukaan tidak menyurutkan para atlet yang haus emas. 182 Emas diraih oleh atlet-atlet Indonesia sekaligus mengembalikan impian menjadi Juara Umum SEA Games ke 26 Tahun 2011. Yes, Indonesia Bisa.!!!

Sumber:
http://www.tribunnews.com/2011/11/11/foto-warna-warni-11-ribu-kembang-api-di-langit-palembang
http://duaribuan.wordpress.com/2011/12/04/pertahankan-juara-umum-sea-games 

    1 komentar: