Selasa, 15 September 2015

Inovasi Tiada Henti Usaha Olahan Daging Sapi

Aku berfoto dengan Bu Betsy
Belajar banyak dari pengusaha ternama, Bob Sadino, ibu Betsy tidak tanggung-tanggung terjun berwirausaha di bidang olahan daging sapi. Rumah tempat tinggalnya yang memiliki halaman yang cukup luas disulapnya menjadi rumah produksi olahan daging sapi. Sempat jatuh bangun dalam membangun usaha olahan daging sapi, bu Betsy pantang berputus asa. Dengan dibantu om dan tantenya CV. Fiva Food mulai berdiri pada tahun 1980. Nama usaha yang diambil dari nama panggilan kedua anaknya, Revi dan Reva, CV. Fiva Food sangat berkomitmen terhadap mutu dan rasa berbagai macam produk olahan daging sapi. Latar belakang pendidikan bu Betsy sebagai lulusan Sarjana Teknologi Hasil Pertanian menjadi modalnya dalam mengembangkan produk olahan daging sapi hingga banyak dikenal hampir di seluruh wilayah di Indonesia.


Produk Unggulan Olahan Daging Sapi
Saat awal produksi CV. Fiva Food hanya mengandalkan anggota keluarganya sendiri sebagai karyawan namun kini CV. Fiva Food telah memiliki 80 orang karyawan. Manajemen yang diterapkan bu Betsy dalam mengelola usaha keluarga ini tetap mengedepankan profesionalisme dan kedisiplinan yang harus dijaga setiap karyawannya. Tidak hanya mengejar keuntungan materi saja, bu Betsy juga sangat memperhatikan kesejahteraan para karyawannya.


Sudut halaman rumah Bu Betsy
Di lingkungan rumah tempat tinggal yg masih satu area dengan rumah produksi juga disediakan tempat tinggal para karyawannya. Karena itu jam masuk dan keluar mess sangat dijaga. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan jam istirahat karyawannya agar bekerja optimal dan terhindar dari keteledoran saat bekerja di pabrik produksi. Meski masih terbilang UKM, seluruh karyawan bekerja dengan memakai seragam, tanpa mengobrol, dan menjaga kebersihan saat bekerja. Masuk rumah produksi jam 8 pagi, istirahat makan siang dan shalat zhuhur jam 12 hingga jam 1 siang, keluar pabrik jam 5 sore, hingga waktu yang harus diluangkan untuk mendalami ilmu agama seperti mengaji. 

Menu dari Olahan Daging Sapi
Ketekunan dan kedisiplinan yang diajarkan bu Betsy kepada karyawannya membuahkan hasil yang maksimal terhadap berbagai produk olahan daging sapi yang diminati banyak orang karena kualitas dan rasanya. Inovasi bumbu pada daging olahan dibuat sendiri dengan menggunakan rempah Indonesia sebagai bumbu lokal. Diantaranya rolade daging sapi, rolade daging ayam, sosis sapi, sosis ayam, kornet ayam dan bakso. Semua produk tersebut dibuat dengan standarisasi yang tinggi mulai dari kebersihan, kesegaran tahan lama dan kehalalannya.

Sejak 10 tahun terakhir rumah produksi daging olahan ini secara omzet sudah bisa melewati pembayaran karyawan, dan operasional. Dengan omzet yang hampir menyentuh 2 milyar sebulan, tidaklah didapat dengan mudah. Usaha Fiva Food yang dipimpinnya terus mengedepankan pelayanan dengan mutu tinggi sesuai dengan harga yang tinggi agar tidak mengecewakan konsumen. 

Meski usianya sudah cukup tua, namun semangat dan energinya tak pernah pudar untuk terus berbagi bersama teman-temannya yang juga bergelut sebagai wirausahawan. Tercatat sebagai Praktisi UKM di Indonesia dan aktif dalam Asosiasi Pembinaan Pengusaha Makanan dan Minuman Bekasi, bu Betsy masih bersinergi untuk memberikan motivasi kepada pengusaha-pengusaha muda sebagai motivator. Keberhasilan bu Betsy dalam menjalankan roda usahanya tidak terlepas didikan kedua orang tuanya yang menyarankan bu Betsy agar mempunyai usaha sendiri. Prinsip bu Betsy yang selalu dipegang yakni selalu bersyukur terhadap pemberian Allah dengan memelihara apa yang sudah dititipkan Allah termasuk kemampuannya mengolah usaha dengan tetap mengayomi karyawan.

Harapan pemilik usaha Fiva Food ini terhadap pemerintah yakni sudah selayaknya menyediakan area sentra pangan yang memperhatikan kebutuhan listrik dan penanganan limbah agar diolah dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar produk makanan dalam negeri siap bersaing menyambut Masyarakat Ekonomi Asean. Standarisasi harus ada ilmunya, termasuk kebersihan, ijin PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah Tangga), dan sertifikat MUI halal tidaknya suatu produk.

Pipit Febriana. Penulis Artikel. Aktif menulis. Silahkan follow facebook di https://www.facebook.com/febry.almalaky dan twitter @pipitfebri

3 komentar:

  1. Very inspired article. Semoga saya juga kelak bisa menjadi pengusaha sukses seperti bu betsy


    Mampir ke blog ku juga ya mb pipit
    Kisahuntukazka.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Okasaan Azka ...Aamiin. you will like her. Aamiin. ok

    BalasHapus
  3. Very inspired article. Semoga saya juga kelak bisa menjadi pengusaha sukses seperti bu betsy


    Mampir ke blog ku juga ya mb pipit
    Kisahuntukazka.blogspot.com

    BalasHapus