Minggu, 13 September 2015

Berkarya Dari Teras Rumah

Henny Trisnowati - Bondien's Craft 
Jl.Rengas No.20 Kav Al Pangkalan Jati - UPN Pondok Labu


Bu Henny dengan karyanya
Menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga tentunya mempunyai tugas pokok yakni mengurus keperluan suami dan anak-anak. Meski demikian, saat ini banyak ibu rumah tangga tetap mengaktualisasi diri dengan menjalankan usaha dari rumah, tidak melulu menjadi pekerja kantoran. Usaha yang dijalankan dari teras rumah pun bisa menjadi penghasilan yang tentunya dapat menambah pundi-pundi rupiah. Dengan demikian ibu rumah tangga sekalipun bisa tetap berkarya dan menghasilkan pendapatan yang cukup membantu perekonomian keluarga. 

Seperti usaha jilbab lukis milik seorang ibu rumah tangga di perumahan pangkalan jati pondok labu. Henny Trisnowati, dengan mengusung Bondien's Craft sebagai label usaha baju dan jilbab lukis, kini mempunyai banyak pelanggan yang senang dengan karya lukisnya. Usaha yang di mulai sejak tahun 2010 ini berawal dari kerjasama dengan temannya yang pandai melukis. Namun, karena rekan bisnisnya tersebut tidak begitu fokus menjalankan usaha, akhirnya ibu Henny harus belajar melukis. 


Suasana belajar melukis di teras rumah Bu Henny


Anak belajar melukis pada kain
Jilbab Lukis
Dengan semangat yang tinggi secara otodidak ibu Henny mengambil kursus melukis dengan seorang guru lukis yang ia tahu dari program televisi. Seiring waktu berjalan kepandaiannya melukis terus berkembang, tidak hanya mahir pada motif flora dan fauna, namun juga motif abstrak dan garis-garis tak beraturan. 

Karya seni lukis ibu Henny yang diterapkan pada baju lukis baik untuk wanita maupun pria dan jilbab lukis setidaknya mendatangkan keuntungan jutaan rupiah per bulannya. Untuk satu baju lukis bermotif bunga tulip dibandrol 250 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah.  Sedangkan untuk jilbab lukis dapat dibeli senilai 50 ribu rupiah per piece.  Dalam sehari ibu Henny dapat membuat lukisan pada 10 jilbab per harinya.  Tentunya dengan dibantu asistennya dalam menjalankan usaha baju lukis ini.

Kini, baju lukis dan jilbab lukis tersebut diperkenalkan ke berbagai kalangan melalui pameran-pameran UKM dan beberapa pelanggan datang langsung ke rumahnya. Tidak hanya memberikan keuntungan materi semata, namun juga memberikan kepuasan batin yakni dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan. Tak jarang ibu Henny memberikan kelas belajar melukis bagi anak-anak, remaja hingga ibu-ibu yang ingin berkarya dengan lukisan. Eksistensi ibu Henny dalam usaha seni lukis yang dirintisnya mampu membuktikan bahwa seirang ibu rumah tangga tetap bisa berkarya dan menghasilkan rupiah dari rumah. Inspiratif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar