Rabu, 22 Februari 2017

Ratusan Keajaiban Dari Buah Naga


Buah Naga sebagai pewarna alami pada Sop buah
Rasanya manis, berwarna merah keungu-unguan dengan daging buah yang bisa dibuat minuman jus, puding, brownies hingga campuran bahan makanan lainnya. Yup, Buah Naga. Emak-emak ataupun anak-anak saat ini pasti pernah mencicipi buah naga. Kondisi iklim dan alam Indonesia yang tropis sangat cocok untuk membudidayakan buah naga. Tak heran, saat ini tanaman buah naga mudah emak jumpai di pekarangan rumah tempat tinggal emak. Tanaman buah ini bisa ditanam di lahan yang lebih luas agar panen lebih melimpah. Suhu ideal untuk pertumbuhan buah naga berkisar 26 – 36 derajat celcius.

Buah naga termasuk ke dalam keluarga tanaman kaktus. Meskipun dikenal sebagai buah dari Asia, tanaman ini aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pada tahun 1870, bangsa Perancis membawa buah naga dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Karena rasanya manis, buah naga kemudian dikonsumsi secara meluas di Vietnam dan Cina. Di Indonesia, buah naga mulai populer sejak tahun 2000. Buah naga diperkirakan masuk ke negeri kita berasal dari Thailand dan dibudidayakan oleh para pehobi tanaman secara sporadis. Tanaman buah naga yang sering ditanam adalah buah naga yang memiliki warna kulit merah dan pada bagian dagingnya berwarna putih ataupun yang daging buahnya yang berwarna merah pekat dengan biji-biji halus berwarna hitam.
Saat ini ada beberapa jenis tanaman buah naga yang banyak dibudidayakan, yakni:
Ø  Hylocereus undatus kulitnya merah dengan daging buah putih
Ø  Hylocereus polyrhisus kulit merah dengan daging buah merah
Ø  Hylocereus costaricensis kulit merah dengan daging buah merah pekat agak keunguan
Ø  Hylocereus megelanthus kulitnya berwarna kuning dengan daging buah putih
 
Buah Naga dengan daging berwarna merah pekat
Tau ga emak? Buah naga ternyata memiliki banyak kandungan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, harganya yang relatif mahal membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menanam buah naga, mulai dari petani  ataupun emak-emak di rumah hingga anak-anak.  Berikut ini beberapa cara yang praktis untuk menanam buah naga dari biji.
o   Siapkan buah naga yang sudang matang, emak bisa membelinya di toko buah. Untuk mendapatkan kualitas biji buah naga yang baik maka emak bisa membelinya di supermarket. Pilihlah buah naga yang isinya merah fanta.
o   Kupas buah naga, konsumsi daging buahnya dan pisahkan biji buah naga untuk kemudian kita tanam. Atau emak bisa menggunakan ember yang sudah diisi air bersih, dan masukkan buah naga yang telah di kupas, lalu remas-remas menggunakan tangan sehingga biji yang menempel pada daging terpisah. Agar biji buah naga benar-benar terpisah dari dagingnya, emak dapat menggunakan saringan teh. Ulangi cara ini dengan mengganti air sampai biji benar-benar terpisah dari dagingnya karena hal ini bertujuan untuk mencegah pembusukan pada biji.
o   Siapkan gelas bening atau gelas air minum bekas dan juga kapas atau kapuk untuk di gunakan sebagai media penyemaian.Isi gelas bening tersebut dengan kapas/kapuk secukupnya, kemudian siram dengan air bersih (jangan terlalu basah, ini hanya untuk membasahi kapas/kapuk saja).
o   Jika media penyemaian sudah siap, taburkan biji buah naga secara merata di permukaan media tersebut, lalu tutup gelas menggunakan plastik bening dan ikat dengan menggunakan karet. Penutupan ini agar menjaga kelembapan pada media penyemaian dan plastik bening agar mudah di lakukan pengontrolan pertumbuhan biji.
o   Tempatkan media penyemaian tersebut pada area yang lembab, biasanya biji buah naga akan tumbuh menjadi kecambah dalam waktu 5 sampai 10 hari, tunggu hingga agak besar supaya bisa di pindah ke polybag. Tunggu sekitar 3 minggu dan lakukan perawatan, jaga kelembapan tanah selanjutnya buah naga dapat di tanam pada media/lokasi yang di inginkan.

Nah, mudahkan! Emak-emak dapat mencoba cara tersebut untuk mengisi waktu luang di rumah. Jika sudah berbuah, buah naga akan selalu berbuah di sepanjang tahun, asalkan tidak mati.

Manfaat Nutrisi Buah Naga
Banyaknya kandungan nutrisi pada buah naga membuat buah naga menjadi sangat populer. Kini, banyak juga orang menjadikan buah naga sebagai salah satu cara pengobatan penyakit-penyakit tertentu, dan ternyata memang memberikan hasil yang signifikan. Berikut ini ringkasan manfaat dari buah naga.

1. Mencegah Kanker
Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin guna mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Buah naga juga mengefektifkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk racun-racun yang memicu kanker.
2. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat pada buah naga dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Buah naga merupakan buah yang tinggi protein, namun rendah lemak dan karbohidrat. Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi agar pembentukan tubuh lebih proporsional. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet.
3. Mencegah Diabetes Melitus (DM)
Diabetes Melitus (DM) adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia karena pola hidup yang tidak sehat. Buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat manusia.
4. Membantu Penyembuhan Batuk dan Asma
Buah naga dapat membantu penyembuhan batuk dan asma yang sering mengganggu pernafasan dengan meringankan efek dari batuk dan asma tersebut.
5. Untuk Kesehatan Tulang
Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan ini membuat buah naga menjadi makanan yang menjadi sumber baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang agar tetap sehat dan kuat.
6. Menurunkan Jumlah Kolesterol
Kandungan buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung vitamin B3. Penderita kolesterol tinggi sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah ini.
7. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)
Sel darah merah (hemoglobin) sangatlah dibutuhkan dalam tubuh. Pembentukannya dapat dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi.
8. Bermanfaat untuk Kesehatan Usus
Saat mengonsumsi banyak makanan, kerja usus pun semakin berat. Untuk meringankan kerja usus, dibutuhkan bantuan serat. Serat yang tinggi bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah naga.
9. Mencegah Serangan Jantung
Kandungan serat dalam buah naga dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah.
10. Membantu Pembentukan Trombin dan Protrombin
Buah naga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat tinggi. Fosfor dan kalsium ini memiliki manfaat sebagai katalisator untuk membantu pembentukan thrombin dan protombin dalam darah.
11. Membantu Pembentukan Otot
Protein pada buah naga sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot, khususnya pria yang suka berolahraga ataupun emak yang ingin bentuk tubuh menjadi ideal kembali.
12. Menjadi Penambah Tenaga
Buah naga memiliki kandungan vitamin B1 atau thiamine yang cukup banyak. Vitamin ini sangatlah bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang-orang yang mengonsumsi buah naga akan memiliki energi atau tenaga yang lebih banyak.
13. Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini merupakan efek dari polusi udara yang terpapar pada kulit emak sehari-hari. Untuk mengatasi polusi udara yang kita hadapi konsumsilah makanan berantioksidan tinggi yang terdapat pada buah naga.
14. Bermanfaat untuk Memperpanjang Usia
Umur seorang manusia memang sudah ditentukan oleh Tuhan, namun kita sebagai manusia patut berusaha agar tetap sehat. Buah naga mengandung serat yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi makanan mengandung serat secara rutin dapat memiliki umur panjang.
15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Antioksidan dalam buah naga sangatlah tinggi manfaatnya, yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
16. Bermanfaat untuk Mencegah Kelumpuhan Otot
Otot pada tubuh manusia sangat dipengaruhi kerjanya oleh protein. Sehingga untuk menjaga otot tetap sehat dan tidak terjadi kelumpuhan, dibutuhkan makanan dengan kandungan protein yang cukup. Buah naga bermanfaat untuk mencegah kelumpuhan otot dengan kandungan protein.
17. Menjaga Kesehatan Gigi
Kesehatan gigi bisa didapatkan dengan kecukupan kalsium dan zat besi dalam tubuh. Buah naga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang baik guna menjaga kesehatan gigi.
18. Menghilangkan Jerawat
Salah satu kandungan buah naga yang paling dominan adalah vitamin. Vitamin tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti menghilangkan jerawat pada kulit wajah dengan membuat masker dari buah naga untuk menghilangkan jerawat.

19. Menjaga Kesehatan dan Membantu Kerja Syaraf
Fosfor dan kalsium pada buah naga berfungsi untuk membantu kerja syaraf. Khususnya pada sistem syaraf, dimana konsumsi buah naga dapat membuat fosfor dan kalsium sebagai transimi syaraf.  Mengkonsumsi buah naga dapat menjaga kesehatan dan membantu kerja syaraf.
20. Membantu Mengobati Sakit Tenggorokan
Vitamin C pada buah naga sangatlah bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati sakit pada tenggorokkan emak. Konsumsilah buah naga secara berkala, untuk mengembalikan kondisi kesehatan tenggorokkan emak.
21. Mengobati Sariawan
22. Bermanfaat untuk Ibu Menyusui
23. Mengurangi Kram pada Tubuh
24. Menjadi Pewarna Makanan Alami
Buah naga yang berwarna merah mengandung senyawa betalain yang dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan ataupun minuman. Warnanya lebih indah dari pewarna buatan dan tentunya lebih aman digunakan.
25. Meningkatkan Nafsu Makan
Buah naga mampu memberikan asupan vitamin B2 dan B1 yang dapat merangsang anak-anak untuk makan lebih banyak.


Semoga bermanfaat ya emak-emak sekalian. Terima kasih. J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar