Kamis, 23 Februari 2017

5 Tips Keuangan Bagi Karyawan Biar Cepat Kaya


Pada umumnya 9 – 5  adalah waktu yang wajib bagi karyawan untuk menghabiskan waktunya setiap hari bekerja di kantor. Sembilan jam yang dihabiskan di kantor adalah waktu yang panjang untuk dilewatkan begitu saja jika alasannya hanya untuk menunggu gajian masuk. Untuk itu, tidak ada salahnya jika emak mulai mengambil tindakan untuk mempeluas zona nyaman emak dengan mengembangkan aset ataupun nilai uang yang emak miliki dari tabungan ataupun gaji bulanan. Berikut ini tips keuangan bagi karyawan agar uang gajian bisa bertambah, dan meningkatkan taraf hidup emak.
 
Sumur Koin di Salah Satu Cafe di Bogor (Foto Koleksi Pribadi)
1.       Investasi emas
Menabung emas adalah pilihan yang tepat agar uang gajian yang emak peroleh setiap bulannya bisa bertambah. Metode ini dapat emak terapkan dengan disiplin menabung uang gajian untuk membeli emas baik dalam bentuk emas batangan ataupun emas perhiasan. Investasi emas adalah investasi yang menguntungkan dan tentunya aman.  Emak dapat memilih emas sebagai lahan investasi karena harga emas cenderung stabil dengan kenaikan cukup tinggi setiap tahunnya. Ada baiknya membeli emas saat harganya murah dan menjualnya kembali saat harganya naik, hal ini tentunya adalah cara klasik untuk menambah aset emak. Cara ini sudah banyak diterapkan hampir sebagian masyarakat Indonesia agar kebutuhan ataupun keinginan jangka panjang seperti menikah, membeli mobil, pergi haji / umrah, membeli rumah ataupun untuk modal usaha dapat emak wujudkan. Nah, emak bisa menghitung berapa jumlah emas yang harus emak tabungkan untuk kebutuhan jangka panjang emak sehingga jika sewaktu-waktu membutuh dana segar dapat segera emak cairkan.

2.       Membeli Properti
Investasi properti dalam bentuk rumah, ataupun bangunan lainnya seperti membangun kosan, dan membeli sejumlah luas tanah dapat emak terapkan agar uang tabungan emak bisa bertambah. Tidak harus membeli rumah atau tanah yang dekat dengan pusat kota, karena tentunya harganya begitu mahal. Emak dapat membeli rumah ataupun tanah di wilayah pinggiran kota yang dapat diperkirakan 5 tahun hingga 10 tahun kedepan harganya bisa naik berlipat-lipat. Berinvestasi properti dapat mendatangkan keuntungan  karena harga properti cenderung naik setiap tahunnya. Misalnya, pada tahun 2006 emak membeli rumah tipe 36 di daerah Cilegon Banten dengan harga 80 juta rupiah, pada tahun 2016 harga jualnya bisa naik hingga 200 juta bahkan lebih. Keuntungan yang lumayan besar bukan jika emak sudah berinvestasi rumah pada saat harga rumah belum melambung tinggi seperti saat ini.

3.       Patungan Modal Usaha
Bagi emak seorang karyawan yang ingin berbisnis ataupun membuka usaha bersama teman ataupun saudara bisa patungan modal untuk memperkecil modal usaha. Dalam hal ini emak perlu melakukan perjanjian bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak dan tidak merugikan bagi emak. Emak bisa menyisihkan uang gajian untuk memulai usaha yang dirintis bersama rekan ataupun kerabat. Emak dapat melakukan jenis investasi ini agar dapat menghemat waktu juga pikiran dalam mengurus urusan bisnis yang dijalankan. Emak juga bisa tetap berkonsentrasi pada pekerjaan yang emak lakoni saat ini. Misalnya, emak bekerja sebagai karyawan, sedangkan teman emak lebih memilih berwirausaha dengan membuka usaha laundry, emak tentunya bisa patungan modal agar hasil dari usaha laundry tersebut bisa berbagi dengan emak. Emak pun bisa membantu usaha tersebut sepulangnya dari jam kantor agar kerjasama bisa tetap berjalan lancar.

4.       Belanja online
Belanja kebutuhan pribadi seperti membeli perlengkapan rumah ataupun toko bisa lebih murah dengan belanja online. Kenapa bisa lebih murah? Banyak penjual online memberikan diskon penjualan dengan kualitas yang bagus dan bisa langsung diantar ke rumah emak, lumayan kan…  gak usah repot-repot bermacet-macet untuk membeli barang yang emak butuhkan. Banyak barang yang bisa dibeli dengan harga miring dengan belanja online baik untuk kebutuhan fashion, elektronik ataupun perlengkapan dapur. Emak bisa cek harga sebelum berbelanja di situs-situs toko online yang tersedia. Nah, jika emak bisa menyisihkan sisa uang belanja tentunya akan menambah pundi-pundi tabungan.

5.       Kurangi Nongkrong
Kongkow – kongkow di café bersama teman memang tidak ada salahnya, asalkan tidak begitu sering emak lakukan jika tidak ingin uang gajian emak ludes hanya untuk makan. Emak bisa menolak jika memang ajakan untuk makan di luar tidak begitu penting emak turuti. Emak bisa sebulan sekali makan atau sekedar kongkow – kongkow bersama teman untuk membicarakan bisnis. Yang pasti apapun aktifitas yang emak lakukan bisa menjadi peluang emak menambah aset pribadi atau peluang usaha agar tidak hanya mengemaklkan uang gaji bulanan saja untuk kehidupan emak. Misalnya, jika sekali makan di sebuah rumah makan ataupun café bisa menghabiskan uang sebanyak 300 ribu rupiah, emak bisa bayangkan jika uang sejumlah tersebut emak tabungkan.


Foto Koleksi Pribadi
Bagi seorang karyawan perusahaan yang sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya bukan berarti emak tenang untuk tidak memikirkan masa depan emak. Apapun kebutuhan dan keinginan emak, selalu sisihkan beberapa persen untuk ditabung.  Pengelolaan uang dengan efektif dan efisien untuk kebutuhan dan keinganan emak dapat berpengaruh terhadap tabungan keuangan untuk rencana jangka panjang emak. Nah, semoga beberapa tips keuangan di atas bisa diberdayakan untuk menambah aset emak lebih baik lagi.



2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus