Rabu, 28 Januari 2015

Legitnya Untung dari Pertanian Alpukat Mentega




YUNUS JUNAIDI – PENGUSAHA ALPUKAT MENTEGA
JL.H.MUSTOFA RT.6 RW.4
KEL. KUKUSAN. KEC. BEJI
DEPOK


Alpukat Mentega





Diantara beragam jenis alpukat, alpukat jenis mentega ini adalah yang paling diminati saat ini, baik oleh kalangan petani atau penikmat buah. Selain warna dagingnya yang sama persis dengan warna mentega, tekstur dagingnya juga sangat legit dan manis. Serta kulitnya yang tipis membuat alpukat ini bisa di kupas layaknya buah pisang. Bentuk buahnya juga lebih bulat dibandingkan alpukat pada umumnya .


Kebun Alpukat Mentega

Keunggulan lain dari alpukat mentega adalah jika pada umumnya pohon alpukat biasa ditanam di dataran tinggi, alpukat mentega bisa tumbuh di dataran rendah, seperti daerah depok salah satunya. 


Alpukat Mentega Siap Panen

Sambung pucuk atau stek adalah metode pembudidayaan alpukat mentega yang dilakukan oleh bapak Yunus Junaidi. Cara ini dipilihnya karena lebih efektif untuk memperbanyak varietas alpukat mentega. Siapkan bibit alpukat biasa, yang sudah berumur 3 bulan. Kemudian siapkan potongan pucuk alpukat mentega untuk penyambungnya. Selanjutnya batang dari bibit alpukat biasa dan pucuk alpukat mentega  di potong agak serong. Hal ini untuk memudahkan proses penyambungan. Lalu, ikat kedua batang tersebut dengan plastik secara merata. Terakhir, tutup pucuk tanaman dengan plastik untuk mengurangi penguapan kambium dan sinar ultraviolet. Plastik pembungkus ini dapat dibuka setelah dua minggu agar sambungan benar-benar menyatu dan dan tumbuh dengan baik. Sebulan setelah proses penyambungan, pucuk pohon bibit Alpukat mentega terlihat bertambah tinggi 60 centimeter, barulah bibit pohon alpukat mentega ini siap untuk di pasarkan.

Alpukat biasa yang sudah di sambung pucuk siap menjadi Alpukat Mentega

Satu batang bibit pohon Alpukat Mentega ini senilai Rp.50.000, dalam setahun bisa menghasilkan 7000 hingga 10.000 batang pohon bibit Alpukat Mentega siap jual. Pendapatan dari usaha pembibitan ini bisa mencapai 5 ratus juta per tahun... Jumlah yang fantastis bukan...^__^


Alpukat mentega ini tahan terhadap hama lantaran memiliki enzim anti-hama. Karena itu, pohon alpukat mentega bisa juga ditanam di pekarangan rumah. Lumayan kan…, selain menghasilkan buah yang dapat dimakan untuk jus sehari-hari, pekarangan rumah juga bisa menjadi  lebih rindang dan sejuk.

1 komentar: