Laman

Jumat, 11 Januari 2013

Pesona Wisata Alam Pagar Alam Sumsel

Pagar Alam, Sumsel
Ingin menikmati suasana alam dengan hawa sejuk layaknya seperti di Pucak Bogor? Jangan khawatir, bagi anda yang berdomisili di pulau Sumatera, tidak perlu menyebrang ke pulau Jawa. Di provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di kota Pagar Alam terdapat wisata alam nan sejuk dan indah. Kurang lebih sekitar 310 kilometer dari pusat kota Palembang. Kekayaaan obyek wisata dan jenis wisata  yang di tawarkan di kota ini amat beragam, yang utama adalah obyek wisata panorama alam, sedikitnya 33 air terjun. Kota Pagar Alam juga banyak menyimpan beragam batu-batu Megalith yang telah diketemukan dan telah tercacat 67 situs menhir, yang lokasinya tersebar di Kota Pagar Alam. Potensi sumber daya alam yang ada di Kota Pagar Alam berupa keindahan alam, keaslian, keutuhan, dan keanekaragaman flora dan fauna serta seni dan budaya  yang merupakan daya tarik wisatawan. Potensi Obyek wisata Teh Hitam Gunung Dempo, dan Kopi, serta hasil bumi lainnya.

Kota Pagar Alam adalah salah satu kota di Sumatera Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2001. Sebelumnya Kota Pagar Alam termasuk Kota Administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat. Bumi Besemah adalah sebutan lain dari Kota Pagar Alam yang merupakan daerah tujuan wisata yang terletak di wilayah dataran tinggi di kaki Gunung Dempo, dikelilingi dan dipagari oleh Bukit Barisan,  dihiasi dengan perkebunan teh PTPN VII dan terkandung aset dan potensi wisata yang luar biasa.


Villa Gunung Gare, Pagar Alam, Sumsel

Perkebunan Teh Dempo, Pagar Alam, Sumsel 2011
Pesona Alam
Sejauh mata memandang anda akan melihat "karpet hijau" beberapa perkebunan sayur penduduk yang amat segar dan tentunya hamparan kebun teh yang amat luas. Lalu anda akan bertemu dua persimpangan jalan. Ada dua penginapan besar di perkebunan teh tersebut, yaitu Villa Gunung Gare, dan Juga Villa Gunung Dempo yang berada agak ke atas dari Villa Gunung Gare, tempatnya dekat dengan lokasi pabrik teh Dempo.

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1455264&page=5

Hamparan kebun teh yang luas ini adalah milik PTPN, dan semua teh-teh ini di olah di Pabrik Dempo.  Memasuki kawasan ini anda akan langsung di sambut dengan udara sejuk meski waktu menunjukkan pukul 12:00 WIB, apalagi saat malam datang, anda tidak lagi membutuhkan AC, yang anda butuhkan adalah baju dingin. Sangat menyenangkan berlibur di tempat ini, bayangkan saja jika anda bangun pagi, hamparan kebun teh yang hijau dan udara segar aroma pegunungan akan langsung menyeruak masuk melalui jendela anda. Semakin ke atas, pemandangan yang anda dapatkan akan semakin bagus. Banyaknya wisatawan yang datang baik lokal maupun nasional ke lokasi ini, oleh penduduk setempat digunakan untuk berdagang makanan hangat seperti pop mie, dan jagung bakar.

Tips
1. Untuk akomodasi lebih baik anda menyewa mobil bersama teman atau keluarga, karena anda tidak akan terlalu repot saat hendak pulang.
2. Untuk menghemat biaya penginapan, lebih baik anda menginap di Villa Dempo, selain harganya tidak begitu mahal dibanding dengan Villa Gunung Gare, kamarnya juga lebih luas. Jadi anda bisa patungan membayar sewa kamarnya.
3. Jangan lupa membawa pakaian hangat dan selimut tebal jika anda belum terbiasa dengan suhu yang dingin di Pagar Alam.

Tidak salah bukan jika keindahan pesona alam Perkebunan Teh yang dilatarbelakangi oleh Gunung Dempo ini tidak kalah indah dengan suasana di Puncak Bogor. Ya, bagi anda yang ingin melepas penat rutinitas sehari-hari, silahkan berlibur ke Pagaralam bersama keluarga dan teman. Let's check it out...!

Sumber:

Foto Koleksi Heru Setiawan
http://setkab.go.id/nusantara-5272-kota-pagar-alam-berbenah-jadi-destinasi-wisata-utama-sumsel.html
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1455264&page=5

1 komentar: